Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Tempat Wisata di Kota Jambi Yang Populer Dan Wajib Dikunjungi Para Pelancong

Apakah kamu berencana liburan ke Kota Jambi? jika iya, ada banyak sekali tempat wisata menarik di Ibukota Provinsi Jambi ini, baik di area kota maupun di sekitarnya.

Selain identik dengan wisata budaya dan sejarah, ada tempat hunting foto yang juga wajib didatangi selama berada di sini.

Daftar Wisata di Kota Jambi

Jika kamu kesulitan menemukan objek yang pas saat mengeksplor tempat wisata di Kota Jambi, kamu bisa menyimak ulasan Kepengenwisata tentang rekomendasi tempat wisata di Jambi yang paling populer dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara, berikut ini;

1. Kunjungi Jembatan Gentala Arasy

Tempat Wisata di Kota Jambi
Source : @ongdedy / Instagram

Jembatan Gentala Arasy menjadi tempat wisata terpopuler di dalam pusat Kota Jambi yang mendapat jutaan pengunjung tiap bulannya. alasan tak lain karena jembatan sepanjang 503 meter dengan lebar 4,5 meter ini dikhususkan sebagai lintasan oleh pejalan kaki.

Selain menjadi ikon Kota Jambi, Gentala Arasy juga menjadi jembatan pedestrian pertama yang memiliki bentuk huruf S sehingga tampak menarik dan sedikit berbeda dengan jembatan pada umumnya.

Letak jembatan ini berada di kawasan Ancol Jambi. nama Gentala Arasy sendiri merupakan singkatan dari “Genah Tanah Lahir Abdurrahman Sayoeti” mantan gubernur yang pernah berjasa memimpin Jambi.

Untuk alasan liburan keluarga yang berkesan, kamu bisa menikmati tempat wisata di Jambi ini dengan mencoba wahana kapal pariwisata yang cukup populer.

2. Kuliner Malam Di Ancol Kota Jambi

Wisata di Kota Jambi
Source : travelingyuk.com

Mumpung masih di Ancol Kota Jambi. temukan juga kuliner lezat di sekitaran jembatan Gentala Arasy. karena tempat ini menjadi sentra wisata untuk menyuguhkan aneka kuliner khas Jambi dan masakan berbagai daerah sekitar.

Selain favorite sebagai lokasi menemukan penjual makanan, wisata Ancol Jambi juga terkenal sebagai area jalan-jalan sore maupun tempat nongkrong masyarakat di Kota Jambi.

Setelah puas mengisi mengisi perut, sempatkan juga mampir ke Museum Budaya Islam yang populer di kawasan Ancol Jambi. untuk memahami bagaimana Agama Islam berkembang di kota ini.

3. Belajar ke Museum Siginjai Jambi

Wisata di Jambi
Source : Zein Gaharock / Google
Museum Siginjai merupakan museum terbesar di Kota Jambi yang diresmikan pada tanggal 6 Juni 1988. dengan luas 13.350 meter persegi, ini adalah tujuan rekreasi yang layak dikunjungi untuk mengetahui bagaimana kota ini berdiri.

Ada banyak koleksi yang dimiliki Museum Negeri Jambi ini dari benda-benda bersejarah, hingga alat seni tradisional serta menawarkan berbagai instalasi edukasi untuk rekreasi budaya bagi para pengunjung.

Simak Juga : Destinasi Terbaik Sarolangun.

4. Hutan Pinus Kenali Jambi

Wisata di Jambi
Source : @triwidya_pangestu / Instagram

Saat ke Kota Jambi, jangan melewatkan kunjungan ke Hutan Pinus Kenali yang terletak di jalan Jambi-Palembang KM. 11 Kenali Asam bawah, atau tepatnya berada di area perbatasan antara Kota Jambi dan Kabupaten Muaro Bungo.

Tak hanya menjadi ruang terbuka hijau untuk menikmati suasana teduh udara segar, Hutan Pinus Kenali kini menjadi salah satu tempat wisata di kota Jambi yang populer.

Luas Hutan Pinus ini sekitar 10,5 hektare dan pastinya pengunjung bisa leluasa berkeliaran ataupun hiking santai sambil hunting foto pemandangan alam yang sejuk ini.

5. Ajak Keluarga Ke Taman Wisata Pulau Kembang

Wisata di Jambi
Source : @septia8787 / Instagram

Kalau kamu penasaran dengan tempat wisata terbaru di Kota Jambi, taman wisata Pulau Kembang adalah pilihannya. secara pasti lokasinya berada di kawasan Danau Sipin.

Tempat ini sendiri di kembangkan oleh John Herman alias Junaidi mantan nahkoda kapal pesiar. yang merasa prihatin akan kurangnya pemanfaatan alam sebagai area liburan.

Taman Wisata Pulau Kembang menempati lahan seluas 1 hektar, dan Pulau Kembang bisa dibilang kurang dikenal oleh masyarakat Jambi karena merupakan objek wisata yang masih baru di buka.

Meski begitu, ada banyak pilihan wahana yang ditawarkan oleh pengelola wisata mulai sepeda terbang, ayunan, taman selfie yang sangat indah serta wahana utamanya yaitu menyantap makanan sambil naik perahu menyusuri keindahan panorama Danau Sipin.

6. Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Wisata di Jambi
Source : Joko Yuwono / Google

Museum Perjuangan Rakyat Jambi diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Soeharto pada tanggal 10 Juli 1997.

Museum ini berada di sebelah selatan Masjid Agung Kota Jambi, atau terletak di antara Jl. Sultan Agung dan Jl. Slamet Riyadi

Ada banyak hal yang bisa ditemukan di Museum Perjuangan terbesar Kota Jambi ini, dari aneka koleksi senjata tradisional hingga modern, serta catatan sejarah pembentukan Provinsi Jambi juga tersimpan baik di podium Musium ini.

7. Berwisata Ke Kampoeng Radja

Source : @kampoengradja / Instagram

Wisata Kampoeng Radja adalah salah satu destinasi liburan terpopuler di Jambi berkonsep petualangan keluarga yang menempati lahan seluas 8 hektar. saking tenarnya, destinasi wisata Kota Jambi ini pernah menerima belasan ribu pengunjung dalam sehari.

Menyajikan setidaknya 16 jenis wahana dan aktivitas untuk segala usia. mulai wahana sepeda air, buggy car, kiddy land, jasmin waterpark dan pilihan atraksi menyenangkan lainnya. membuat tempat ini begitu populer sebagai tujuan wisata warga Kota Jambi ketika masa liburan.

Kampoeng Radja terletak di Jl. Lingkar Barat No. 108 Kenali Besar. tepatnya sekitar 300 meter dari Terminal Alam Barajo Kota Jambi.

8. Ajak Anak ke Taman Rimba Zoo Jambi

Wisata di Jambi
Source : Taman Rimba Zoo / Facebook

Taman Rimba merupakan salah satu obyek wisata andalan Kota Jambi. yang berlokasi di tengah kota atau lebih tepatnya berada di Jalan Sunaryo.

Kebun binatang ini cukup terkenal di antara masyarakat Jambi, karena wisatawan akan disajikan aneka penangkaran satwa seperti burung pelican laut, rajawali, rangkok, elang, bangau serta beberapa hewan langka lainnya.

Kamu bisa mengunjungi Kebun Binatang Taman Aneka Rimba Jambi ini di hari senin sampai minggu mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 WIB sore hari.

9. Taman Kongkow Kota Jambi

Source : @lia_liiyut / Instagram

Lokasinya berada di antara SMP Negeri 25 Jambi dan RS Royal Prima, Taman Kongkow menjadi satu tempat wisata di Kota Jambi yang kini tengah ramai dikunjungi wisatawan karena paduan nuansa alam dan ragam spot fotonya.

Ada banyak tempat foto yang digemari kalangan anak muda saat berlibur ke Taman Kongkow ini, di antaranya patung angsa, tanaman jalar yang di bentuk unik untuk berfoto serta taman bunga yang tidak kalah menariknya.

Nah, buat orang tua yang berlibur dengan anak kecil, Taman Kongkow Jambi juga menyediakan playground seperti peluncuran, ayunan dan permainan seru lainnya.

Selain sebagai tujuan berfoto yang asyik, Taman Kongkow juga menjadi tempat wisata populer di Kota Jambi dengan biaya murah. pasalnya pengunjung hanya perlu merogoh uang sebesar Rp. 2.000,- saja dan sudah bisa menikmati semua fasilitas wisata.

10. Taman Anggrek Sri Sudewi

Wisata di Jambi
Source : Devry Avriany / Google

Jika kamu penggemar bunga anggrek, maka Taman Anggrek Sri Soedewi merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi di kota Jambi.

Di taman wisata ini tersedia ratusan koleksi jenis tanaman anggrek yang menarik untuk dikenali. yang meliputi 85 jenis anggrek alam, 7 jenis anggrek tanah, dan kurang lebih 80 macam anggrek hibrida.

Taman Anggrek Sri Soedewi sendiri dikelola oleh Pemerintah Daerah, dan lokasinya tepat di depan Kantor Gubernur Jambi, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kecamatan Telanaipura. Pusat Kota Jambi.

11. Hutan Kota Muhammad Sabki

Source : jambi.tribunnews.com

Hutan Kota Muhammad Sabki menjadi pilihan lain wisata taman di Kota Jambi yang bisa kamu kunjungi untuk menyisih dari hiruk pikuk ramai kota.

Berdirinya destinasi wisata taman kota ini diprakarsai oleh H Muhammad Sabki (Alm) mantan Walikota Jambi periode 1993.

Ruang terbuka hijau di Kota Jambi ini memiliki luas 11 Hektare. dikhususkan sebagai pusat pelestarian keanekaragaman hayati yang menyediakan koleksi tanaman bunga, tanaman gaharu, tanaman jambu-jambuan, tanaman monokotil dan dikotil, serta tanaman langka lainnya.

Menariknya, kamu juga bisa menemukan beberapa satwa yang terancam punah seperti rusa timur (timorense), kijang dan aneka burung langka yang dilindungi.

Selain itu, Hutan Kota Muhammad Sabki kini juga menjadi salah satu tempat wisata kemah di Kota Jambi yang cukup digemari.

12. Kagumi Kemegahan Candi Muaro Jambi

Wisata di Jambi
Source : pipiet harumsyah / Google

Candi Muaro Jambi adalah alasan utama banyak wisatawan liburan ke daerah Jambi. terletak sekitar 26 km. di utara Kota Jambi, area wisata ini bisa dicapai dengan berkendara sekitar 40 menit dari pusat ibukota.

Dengan luas mencapai 3981 hektar, Candi Muaro Jambi adalah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara. dan terdiri dari 110 candi dengan gaya berbeda.

Banyak peneliti arkeolog yang menduga Candi Muaro Jambi adalah peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu, dilihat dari gaya tulisan dan pahatan.

Selain belajar tentang sejarah situs purbakala, alasan para pengunjung datang kesini untuk menemukan spot bagus berfoto atau sekedar keliling menikmati koleksi candi.

13. Taman Wisata Jambi Paradise

Wisata di Jambi
Source : Feni Marlina / Google

Jambi Paradise adalah tempat wisata yang terletak di Simpang Acai, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. karena jaraknya yang dekat dengan pusat Kota Jambi sekitar 9 kilometer. objek liburan ini juga sangat populer bagi warga Kota Jambi.

Kawasan ini terkenal karena memiliki tampilan taman kekinian mirip Gardens by The Bay Singapura. luasnya sekitar 8 hektare yang dikelilingi air, labirin, wisata perahu, kapal pesiar, jalan setapak, gazebo piknik dan permainan flying fox.

Tak hanya menawarkan aneka wahana bagi keluarga, daya tarik lain Jambi Paradise ialah tempat untuk berswafoto anak muda masa kini. dan bahkan banyak orang yang memanfaatkan Taman Paradise sebagai area foto pre-wedding.

Dengan banyak warna spot instagram-able yang disajikan, bukan tidak mungkin ini menjadi pilihan wisata terbaik di Kota Jambi yang wajib kamu dikunjungi.

Ada tarif untuk berkunjung ke tempat wisata hits Kota Jambi ini, dimana pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 20.000,- per orang.

Posting Komentar untuk "13 Tempat Wisata di Kota Jambi Yang Populer Dan Wajib Dikunjungi Para Pelancong"