Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Tempat Wisata Di Bengkalis Paling Populer 2022 Dan Terindah Yang Wajib Dikunjungi

Terletak di antara muara Sungai Siak dan Selat Malaka, Bengkalis adalah Kabupaten terkaya di Provinsi Riau yang terkenal dengan tambang minyak bumi. meski sibuk dengan ekonomi, Kota Bengkalis juga populer dengan destinasi pariwisata yang menyenangkan.

Untuk sebagian besar kegiatannya, kota ini adalah pelabuhan sungai yang berkembang pesat yang memfasilitasi transportasi bahan mentah minyak dan menjadi jalur perkapalan Internasional.

Ibukota Bengkalis punya nama yang sama dan berada di pulau yang terpisah dengan Sumatera atau dekat dengan Negara Malaysia sehingga tak heran jika masyarakat di sini kebanyakan berlogat bicara Melayu Malaysia.

Temukan Pantai berpasir halus, danau, hutan lindung, budaya, wahana air, kuliner, objek rekreasi keluarga dan semua tempat wisata daerah Bengkalis punya daya tariknya masing-masing.Dan berikut ini adalah 13 destinasi wisata terbaik di Bengkalis yang sering dikunjungi para wisatawan;

1. Harationica Waterpark Duri

Source : harationica.waterpark / Instagram

Harationica Waterpark Duri adalah wahana air terbesar di Bengkalis, lokasinya berada di Jl. Stadion Ujung, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau.

Taman air besar ini memiliki semuanya! untuk pencari sensasi di segala usia ada berbagai slide untuk petualangan, kolam ombak untuk nuansa arus laut.

Kunjungi Harationica Waterpark Duri di Bengkalis dan pilih salah satu dari tiga seluncuran yang menegangkan.

Ada water slide yang meliuk dengan empat lintasan dari atas menara, slide biasa dan boomerang slide untuk meluncur dari tubuh ular dan pastinya semua cukup memacu adrenaline.

Taman ini juga dilengkapi dengan sungai malas, seluncuran kecil anak, dan wahana ember tumpah.

Untuk kesenangan kering, taman ini juga memiliki banyak wahana hiburan! kamu bisa hunting foto, santai di resto untuk kuliner, bernyanyi di karaoke keluarga maupun hiking santai mengelilingi area taman yang cukup sejuk.

Harationica Waterpark Duri buka mulai pukul 10.00 wib. sampai dengan sore pukul 17.00 Wib. dan tutup dihari jum’at. dengan tiket 60.000 di hari biasa dan 70.000 rupiah saat weekend. ini bisa dibilang menjadi tempat rekreasi terbesar di Bengkalis yang harus dikunjungi.

2. Telaga Suri Perdana

Source : afriyaninurmalasari / Instagram

Telaga Suri Perdana merupakan salah satu objek wisata buatan yang terletak di Sungai Pakning, Kec. Bukit Batu, Kab. Bengkalis. tepatnya di Kawasan Pertamina Refinery Uni (RU) II.

Sebelum terkenal menjadi tempat wisata, Telaga Suri Perdana adalah area yang kurang diperatikan dan ditumbuhi tanaman liar. hingga sekitar tahun 2011 kawasan ini di pugar sebagai objek liburan.

Telaga Suri Perdana memiliki air alami dengan warna bening kehijauan dan didukung dengan fasilitas seperti kursi buatan di tepian danau, miniatur jembatan, pendopo, pulau mini buatan dan lainnya, membuat danau ini menjadi tempat wisata alternatif untuk masyarakat sekitar area operasi Kilang Minyak Pertamina.

Baca Juga : Destinasi Terbaik Dumai.

3. Casuarina Park

Source : Vino Satwika / Google

Taman kasuarina adalah hutan cemara di Kompleks PT Pertamina Hulu Rokan Duri, Pematang Pudu, Mandau. dan jaraknya lumayan jauh dari pusat kota sekitar 80 kilometer. yakni berada di area perbatasan sisi barat wilayah.

Kawasan ini dibuka untuk umum dan tergolong cukup luas dengan rerumputan yang terawat dengan cukup baik. tempatnya cukup asri dan nyaman, juga asik untuk berlibur bareng keluarga.

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di Taman Kasuarina ini mulai bersantai di kursi-kursi kayu, berfoto dengan patung hewan raksasa seperti gajah, jerapah maupun membawa bekal makanan untuk makan rame bareng keluarga. dan pastinya, anak akan senang berkeliaran menikmati playground disini.

4. Pantai Lapin

Source : Duta Islami Ridwan / Google

Pantai Pesona Tanjung Lapin adalah salah satu wisata pantai terpanjang di Bengkalis. kawasan Pantai Pesona Tanjung Lapin memiliki pantai yang landai, halus dan Putih, dengan panjang pantai sejauh 17 kilometer dan ketika laut surut lebarnya bisa mencapai 300 meter.

Pantai ini memiliki arus ombak yang relatif tenang. selain itu, di wilayah pantai ini setiap tahunnya diadakan acara pesta pantai seperti perlombaan perahu jong, gasing, layang-layang dan lainnya.

Pantai ini bisa diakses secara gratis dan jika kamu tertarik berlibur ke tempat ini, lokasinya berada di Jalan Tanjung Lapin, Tanjung Punak, Kec. Rupat Utara, Kab. Bengkalis.

5. Pantai Jangkang

Source : thalibsuronto / Instagram

Pantai Jangkang adalah berlokasi di Desa Jangkang, Kecamatan Bantan. terletak kurang lebih 25 kilometer dari pusat Ibukota Bengkalis.

Pesona pantai ini cukup indah, namun jarang dikunjungi oleh wisatawan. mungkin faktor fasilitas yang kurang mumpuni.

Meski begitu, nuansa deretan tangga yang memanjang di tepian laut. pantai yang memiliki cirikhas pasir hitam ini sangat menarik dikunjungi.

6. Taman Andam Dewi

Source : Ari Satria / Google

Saat ke Bengkalis, bertanyalah ke beberapa penduduk. wisata keluarga manakah yang ramai dan murah di Bengkalis? kemungkinan besar mereka menjawab Taman Adam Dewi.

Taman Andam Dewi, terletak bersebelahan dengan pantai lapangan pasir Bengkalis. dengan luas sekitar satu hektar. dan ini menjadi tempat yang paling banyak dikunjungi masyarakat, baik anak kecil, orang tua maupun mereka para remaja.

Secara pasti, taman wisata ini berdekatan dengan gedung daerah Datuk laksmana Raja Dilaut, tepatnya dijalan Sudirman Bengkalis.

Selain itu, Taman Adam Dewi juga dilengkapi berbagai macam fasilitas, diantaranya pendopo, kursi istirahat, taman bunga, playground anak, akses wifi gratis, serta deretan pedagang kaki lima yang menjual beragam jajanan khas daerah Bengkalis.

7. Pantai Lapangan Pasir Bengkalis

Source : mimisusanti031 / Instagram

Terletak di Jl. Jendral Sudirman No.123, Bengkalis Kota. Lapangan Pasir Bengkalis dibangun sebagai fasilitas bersantai para warga, kawasan ini berada di pinggiran laut dengan tempat duduk.

Saat datang kesini, kamu bisa bergerak dan membakar beberapa kalori ekstra. namun umumnya warga sekitaran lebih senang bersantai menikmati lautan sembari menyambut malam datang.

8. Pantai Selat Baru

Source : azzanurlailifuadiah / Instagram

Dinamakan Pantai Selat Baru, karena lokasinya berada di Desa Selat Baru. atau terletak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Bengkalis.

Daya tarik Pantai Selat Baru adalah hamparan pasir yang landai sepanjang 2 kilometer dengan lebar sekitar 100 meter. dan pastinya kamu bebas berkeliaran, bermain maupun hiking santai.

Untuk berlibur ke kawasan ini, kamu perlu menyiapkan biaya di loket tiket sekitar 5.000 rupiah.

9. Pulau Beting Aceh

Source : shll_mjd / Instagram

Pulau Beting Aceh adalah pulau kecil unik dengan pasir pantai halus. pulau ini muncul akibat adanya sedimentasi air laut yang membawa pasir menumpuk.

Ketika air laut surut, pulau ini akan nampak kecantikannya. Pulau Beting juga bersebelahan dengan Pulau Babi itu, itu artinya kamu bisa sekalian mampir.

Selain itu, pulau ini juga terkenal dengan pantainya bernama Tanjung Medang.

Pulau Beting Aceh berada di perairan lepas laut yang secara administratif terletak di Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara. untuk berkunjung kesini, kamu bisa menyewa kapal sekitar 800.000 rupiah yang menampung hingga 15 orang.

10. Hutan Lindung Bukit Batu

Source : direktoripariwisata.id

Hutan Lindung Bukit Batu memiliki luas 21.500 hektar, kawasan ini punya keindahan dan pesona yang sangat luar biasa. ini adalah rumah bagi beragam flora fauna seperti Meranti, Sungkai, Bintangur serta fauna langka semisal harimau Sumatra, beruang madu hingga rangkong.

Namun daya tarik utama kunjungan ke Bukit Batu ialah adventure menyusuri aliran sungai jernihnya yang dikerumuni hutan gambut dengan menyewa perahu milik warga.

Lokasi Hutan Bukit Batu sendiri berada di daerah Tenggayun, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

11. Masjid Agung Istiqomah

Source : riau1.com

Masjid Istiqomah merupakan tempat ibadah agama Islam yang juga menjadi ikon Kabupaten Bengkalis. lokasinya berada di Jalan Patimura, Damon, Kecamatan Bengkalis.

Selain untuk sholat, alasan kenapa kamu harus mengunjungi Masjid istiqomah ialah karena desain bangunan yang cukup megah dan cantik.

Bangunan Masjid lstiqomah bergaya arsitektur Turki, Arab, dan paduan melayu Melayu. dan sekilas tampak seperti menara Masjid Biru di Istanbul.

Menjelang senja, suasana sekitar tempat ini terasa begitu ramai, banyak orang yang duduk santai di teras menunggu waktu shalat tiba.

Posting Komentar untuk "13 Tempat Wisata Di Bengkalis Paling Populer 2022 Dan Terindah Yang Wajib Dikunjungi"