Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Air Terjun di Mojokerto Paling Indah Yang Lagi Hits Untuk Dikunjungi

Dengan patung Buddha kuno berwarna emas, sisa reruntuhan Majapahit , Mojokerto dianggap oleh banyak wisatawan sebagai puncak tujuan yang menakjubkan di Jawa Timur.

Tidak ada keraguan tentang alamnya, Mojokerto juga kaya akan budaya dan kuliner, belum lagi orang-orang yang ramah, kota yang ramai dengan pemandian air panas Pacet yang luar biasa.

Bagi pecinta alam, gunung dan hutan Mojokerto telah menjadi daya tarik besar dalam beberapa tahun terakhir, utamanya bagi mereka yang ingin menyisih dari hiruk pikuk kota dan merasakan ketenangan air terjun alami yang ditawarkan daerah ini.

Dan berikut, Kepengenwisata telah mengumpulkan setidaknya 15 air terjun terbaik di Mojokerto yang layak dikunjungi.

1. Air Terjun Watu Gedhek

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Sumber foto : Andriyanto schwarz

Ukuran bukanlah yang terpenting dalam hal air terjun. pada ketinggian hanya sekitar 35 meter, Coban Watu Gedhek tidak akan memenangkan penghargaan apa pun untuk air terjun terbesar, tetapi telah ditampilkan di banyak media sosial Instagram, membuatnya terkenal dengan sendirinya.

Terletak di daerah Pacet, wisata air terjun ini menjadi favorit banyak orang yang tertarik dengan keindahan alam dan airnya yang sejuk.

Ada saingan air terjun lain di kawasan Desa ini, seperti Curah Watu dan Puthuk Panggang Welut. jadi pastikan untuk mampir sekalian.

Hanya 300 meter berjalan kaki dari area parkir, terdapat banyak area untuk duduk dan bersantai di bawah naungan pohon pinus, ada juga permainan outbound dan tersedia pula area camping yang keren.

Untuk latar belakang pemandangan alam yang paling menakjubkan untuk foto, ada area hias buatan atau spot foto yang akan memberi para pengunjung sudut pandang terbaik.

Alamat : Desa Nogosari, Kec. Pacet.

Harga Tiket : Rp. 5.000,- di hari biasa dan Rp. 10.000,- saat masa liburan.

Baca Juga : Wisata Mojokerto Terhits.

2. Air Terjun Watu Ondo

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Sumber foto : tahuraradensoerjo.or.id

Karena lokasinya di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo, Air Terjun Watu Ondo menjadi magnet bagi wisatawan yang tertarik dengan keindahan alam di lereng gunung Welirang ini.

Salah satu daya tarik utama yang paling berkesan, air terjun mengalir deras dari dua tebing di atas batu bertingkat, hampir 70 meter ke kolam indah di bawah. dan tebing satunya sekitar 20 meter.

Meskipun ada jalan setapak yang menurun mengarah ke berbagai titik pemandangan untuk bisa melihat air terjun dari dekat, jalan itu terkadang licin dan berbahaya, terutama saat musim hujan.

Bagi wisatawan yang ingin melihat air terjun tanpa mengambil risiko lelah, ada area pengamatan di sisi atas bukit yang akan memberi kamu pemandangan luar biasa dengan beragam spot romantis.

Wisata alam ini juga terkenal dengan goanya. dan kamu bisa mengunjunginya dari arah Batu maupun Mojokerto.

Lokasi : Dusun Sendi, Desa Pacet, Kecamatan Pacet

Tiket : Rp. 11.000,-

Jam Buka : 08.00 – 16.00 Wib.

3. Air Terjun Watu Lumpang

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Image source : idntimes.com

Terletak sekitar 37 kilometer ke selatan Mojokerto, Air Terjun Watu Lumpang sebenarnya terdiri dari banyak tingkatan yang tak rata.

Dengan penurunan sekitar 15 meter ini adalah air terjun pendek, namun jika aliran air tidak terlalu deras, kamu dapat memanjat tebing di air yang mengalir.

Perjalanan ke air terjun cukup mudah tergantung pada kondisi musim, dari parkiran mobil kamu sudah bisa mendengar suara gemericik air ini dan tentunya air terjun ini cocok untuk anak.

Lokasi : Desa Pacet, Kecamatan Pacet, Mojokerto.

Tiket Masuk : Rp. 10.000,-

Baca Juga : Coban di Kota Batu.

4. Coban Canggu

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Image source : nativeindonesia.com

Disebut sebagai air terjun favorite yang sering dikunjungi warga Mojokerto, Coban Canggu terletak 800 Mdpl di dalam hutan Pacet yang identik dengan hawa dinginnya.

Ketinggian tebing berkisar 70 meter, Coban Canggu juga salah satu air terjun terbesar di Mojokerto, belum lagi paling terkenal dengan spot fotonya.

Untuk sampai ke air terjun, wisatawan harus mendaki namun di jalur yang sudah bagus bisa diakses mobil sekitar 10 menit dari pusat kota Pacet.

Ada banyak warung, gazebo. nah, karena ukuran, keindahan, fasilitas serta kemudahan untuk mencapai air terjun, ini merupakan salah satu wisata alam paling ramai di kota ini.

Alamat : Desa Padusan, Pacet.

Tiket : Per orang Rp. 10.000,-

5. Air Terjun Jubel

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Image source : joeadimara.blogspot.com

Penuh dengan keindahan hutan dan tebing, daerah Jubel Kembang Lor adalah rumah bagi Coban Jubel, yang menuruni tebing 30 meter seperti selendang yang turun dari hutan lebat di atas.

Meskipun bukan air terjun Mojokerto yang paling mudah diakses, pemandangan Coban Jubel sangat mengesankan. pemaduan batuan besarnya sanggat menggiurkan untuk di abadikan.

Pendakian hanya memakan waktu sekitar 22 menit dari pusat Pacet, tetapi karena keterpencilannya, sebagian besar pengunjung datang ke tempat ini untuk petualang, perjalanan ke sini mencakup beberapa keindahan alam pohon pinus di sepanjang jalan, rasakan kesejukannya dan pahami bagaimana cara alam menyembunyikan surga ini dari banyak orang.

Alamat : Area hutan pinus Jubel, Dusun Belor, Desa Kembang Belor, Pacet.

6. Coban Waru

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Image source : Javanese outdoor

Jika kamu mendambakan air terjun yang sepi dan belum terkontaminasi banyak jejak kaki. berkunjunglah ke Coban Waru di Desa Sajen.

Masih berada di Pacet, perjalanan ke air terjun dimulai dengan suasana dingin pemandangan bukit, sawah hingga sungai kecil yang bergabung dan menciptakan aliran air yang deras yang turun lebih dari ketinggian 20 meter.

Nikmati jatuhnya air di tengah kolam yang menciptakan pemandangan berkabut. berenang di air jernih, memanjat tebing adalah aktivitas menarik yang bisa dilakukan di air terjun tersembunyi Mojokerto ini.

Alamat : Desa Sajen, Pacet, Mojokerto.

7. Air Terjun Dlundung

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Image source : getlost.id

Jika Anda kebetulan berada di Kecamatan Trawas, luangkan waktu untuk mengunjungi Air Terjun Dlundung yang mengagumkan.

Dinamai Dlundung karena letaknya di lereng Gunung Dlundung, air terjun ini tersembunyi di tengah hutan yang menakjubkan, dan mencakup kompleks puncak yang menarik bagi para pendaki.

Pendakian ke air terjun memakan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Trawas, setelah itu air terjun yang sejuk dan jernih dengan tinggi kurang lebih 60 meter ini akan menjadi pemandangan menggairahkan untuk dinikmati.

Ajak keluarga dan sahabatmu, karena Coban Dlundung juga mengembangkan wanawisata seru, mulai wahana permainan outbound hingga kemah.

Lokasi : Dusun Ketapang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, Mojokerto.

8. Air Terjun Surodadu

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Image source : jadwaltravel.com

Jika kamu menginginkan wisata alam yang bisa dikunjungi dengan keluarga terutama anak kecil, datanglah ke Pacet, karena daerah ini mendominasi tebing air dan perjalanan ke Air Terjun Surodadu adalah suatu keharusan.

Air terjun dan sungai adalah tempat favorit wisatawan yang suka bersantai, makan dijamin, dan berenang di air yang dingin wajib dicoba.

Dan meskipun tidak terlalu deras, suasana coban yang dikelilingi oleh hutan lebat bakal membuat wisatawan merasa nyaman. lebih jauh dari perasaan di perkotaan yang sesak panas.

Berada di lereng Gunung Welirang dan didominasi pepohonan bambu, ini adalah tujuan yang segar baik secara hembusan udara maupun penampakan. dan pastinya destinasi alam ini layak masuk daftar 10 air terjun terbaik Mojokerto.

Ada biaya untuk masuk ke area air terjun yang murah, tetapi untuk berlibur ke tempat populer ini, pengunjung perlu melintasi jalanan berbukit namun nyaman untuk kendaraan.

Lokasi : Dusun Mligi, Desa Claket, Pacet, Mojokerto.

9. Coban Cakung

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Image source : brisik.id

Terletak di bagian tenggara Mojokerto, atau berjarak kurang lebih 9 kilometer dari area Pacet kota, kamu bisa menemukan air terjun Coban Cakung.

Coban ini di temukan di hutan belantara, dan ini adalah salah satu air terjun terbaru Mojokerto yang tepat dikunjungi untuk melarikan diri dari kota dan untuk menjalin ikatan dengan alam yang tenang.

Air terjun ini tingginya 50 meter dan lebarnya sekitar 12 meter, dan di saat alirannya maksimal, air terjun ini meraung dan dapat didengar dengan baik sebelum dari jauh.

Tak ada cara terbaik untuk sampai ke air terjun ini, karena lokasinya memang terpencil dan dengan medan jalan naik turun bukit pengunjung hanya bisa melaluinya dengan jalan kaki. dan mungkin ini hanya cocok untuk anak muda yang punya jiwa petualang.

Lokasi : Dusun Cembor, Desa Cembor, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur.

10.Air Terjun Grenjengan

Kumpulan Air Terjun Terbaik Mojokerto
Image source : tempatwisatadipulaujawa.blogspot.com

Jika air terjun menakjubkan yang diselimuti hutan rimbun di lereng Gunung Welirang terdengar seperti tempat petualang istimewa, maka waterfall Grenjengan layak masuk list jelajahmu di daerah ini.

Terletak di tenggara Mojokerto yang berbukit, Air Terjun Grenjengan memiliki ketinggian 40 meter dan paling indah di daerah ini. karena vegetasi rambat, semburan keras air menyatu dengan keindahan sungai.

Akses yang mudah dilalui kendaraan pribadi, membuat Coban Grenjengan selalu di padati ribuan pengunjung tiap bulannya. meski kamu perlu berkendara kurang lebih 1 jam dari pusat Kabupaten.

Lokasi : Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto.

Itulah 10 pilihan tempat wisata air terjun memesona di Mojokerto yang sering diburu para petualang, sekian semoga ulasan di atas dapat bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10 Air Terjun di Mojokerto Paling Indah Yang Lagi Hits Untuk Dikunjungi"